Kamis, 29 Maret 2012

Apa itu Black Box ?



Kotak hitam atau black box adalah sekumpulan perangkat yang digunakan untuk merekam data penerbangan (Flight Data Recorder/FDR) dan perekam suara di dalam kokpit (Cockpit DataRecorder/CVR) yang digunakan pada pesawat terbang.
Fungsinya adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot/co-pilot dengan Air Traffic Control (ATC), mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan. Walaupun namanya kotak hitam, tetapi sesungguhnya kotak itu berwarna orange karena warna orange dapat memudahkan pencarian jika pesawat mengalami kecelakaan atau crash . Bila di dalam air, kotak ini akan memancarkan sinyal ketika terguncang karena benturan. 

Sinyal inilah yang bisa ditangkap radar untuk menunjukkan lokasi pesawat. Namun, kekuatan sinyal terbatas. Biasanya sampai seminggu sebelum menghilang.
Secara teknis, kotak ini adalah satu-satunya alat avinic pesawat terbang berisi tape recorder (pita perekam) yang di dalamnya terdiri atas dua alat rekaman flight data recorder (FDR) dan cockpit voice recorder (CVR). Namun ada juga FDR dan CVR di kotak hitam ini yang terpisah.
FDR merekam data pesawat dan kerja peralatannya. FDR memiliki pita rekaman sepanjang 150-200 jam terbang. Terbuat dari logam dan bisa merekam bolak balok. Pita FDR selebar 10 cm .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

farid. Diberdayakan oleh Blogger.