Minggu, 18 Maret 2012

Keunikan buah Manggis " Queen Of Fruits "


Siapa yang enggak mengenal buah manggis?????? buah yang tidak asing bagi kita semua,... yang sering dijuluki sebagai "Queen Of Fruits".buah yang kaya akan khasiat yang luar biasa bagi kehidupan dan kesehatan kita.Garcinia mangostana L. adalah nama latin dari manggis. manggis ini hidup didaerah dataran tinggi.banyak yang bilang asal usul buah manggis ini diduga berasal dari asia tenggara dan menyebar ke berbagai penjuru.

 


Siapa bilang buah manggis tidak ada manfaatnya. Sesuai dengan julukannya Queen Of Fruits ini merupakan ratu dari segala buah yang memiliki khasiat yang luar biasa. Meskipun buah manggis ini gizinya tergolong relatif kecil. Rasa buah yang asam manis yang banyak digemari oleh banyak orang. tetapi jangan salah kulit yang biasanya dibuang ini malah banyak mengandung Antioksidan yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor.

Keunikan Buah Manggis 

Kenapa buah manggis tidak pernah busuk? 

Buah Manggis merupakan satu-satunya buah yang tidak pernah busuk walaupun didiamkan di atas tanah, selama kapanpun.Tetapi Buah manggis ini akan mengering menjadi kayu. Berdasarkan Penelitian Hal ini dikarenakan Buah manggis memiliki zat Antioksidan yang luas biasa.

Kandungan Antioksidan ini mampu memperkuat dan menambah serta mendukung sistem kekebalan tubuh kita. Dan kandungan Oksidan ini paling banyak terdapat di kulit buah manggis. Cara yang gampang untuk mengonsumsi kulit manggis ini kita bikin Jus Manggis.

Kegunaan Buah Manggis

Bingung Cara menguruskan Tubuh?? dan Kenapa Tubuh Kita Bisa Gemuk??

Kegemukan Tubuh Ini disebabkan karena mudah mengeras dan membesarnya membran sel yang ada ditubuh kita. Jika kita menginginkan tubuh kita mengecil sesuai dengan keinginan kita, Caranya kita melunakkan kembali sel-sel tersebut dengan cara menggunakan Zat Xanthones. Zat Xanthones tersebut bisa kita dapat dari buah Manggis. Selain itu kita bisa melakukan cara mengubah zat makanan menjadi energi.

Mengalami Sakit Jantung??? Bingung Mengobati??? Bosen Berobat???

Penyakit Jantung terjadi Karena pembuluh darah disekitar jantung kehilangan elasitisitasnya. Serangan Jantung merupakan suatu kondisi kesehatan yang sangat emergency untuk di tangani, Jika terlambat maka sangat mungkin penderita segera menemui ajalnya (kematian).
Penyakit serangan jantung (Heart Attack) yang dalam bahasa medisnya disebut sebagai Myocardial Infarction (MI), adalah kerusakan bahkan kematian otot jantung (myocardium) yang disebabkan terhentinya secara mendadak suplay darah (sebagai pembawa Oxygen) kedaerah tersebut sebagai akibat dari beberapa faktor.
Salah Satu Cara mengobati penyakit yang mematikan ini bisa mengonsumsi Jus manggis.Karena buah manggis ini juga sangat bermanfaat sebagai obat penetralisis pengobatan jantung.

Mengalami Batu Ginjal??
Penyakit  Batu Ginjal biasanya dialami oleh lelaki. Untuk mencegah penyakit batu ginjal disarankan mengkonsumsi 3 ons atau lebih buah manggis setaip hari. Mengkonsumsi manggis akan membuat kita lebih sering kencing sehingga dapat mencegah munculnya batu ginjal.

 


Berdasarkan Penelitihan Para peneliti Banyak Sekali Manfaat Buah manggis ini Baik Dari Isi maupun Kulitnya, Selain berbagai penyakit diatas diantaranya Sebagai berikut:

Manfaat Buah Manggis

1. Menyembuhkan dan mencegah Kanker
2. Mencegah Penyakit yang mematikan
3. Mengurangi berat badan
4. Mengurangi Rasa Sakit
5. Mencegah Penyakit Jantung
6. Mengurangi Radikal Bebas
7. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
8. Memelihara Pencernaan
9. Menjaga Saluran Kencing
10. Menjaga Saluran Pernafasan
11. Menyembuhkan Asma
12. Mengobati dan mencegah Diabetes
13. Memelihara Kemampuan Mental
14. Meningkatkan Energi
15. Menurunkan Kolestrol
16. Mengatasi batu ginjal
17.Mencegah Gangguan Penglihatan


Apa Sich Zat Xanthones???
Nah,... Dari tadi Bahas Zat Xanthones Tapi tidak dijelaskan secara detail... Sekarang kita bahas apa itu Xanthones.

Zat Xanthones adalah subtansi kimia alami yang tergolong senyawa polyhenolic. Peneliti dari Universitas Taichung di Taiwan telah mengisolasi xanthone dan deviratnya dari kulit buah manggis (pericarp) di antaranya diketahui adalah 3-isomangoestein, alpha mangostin, Gamma-mangostin, Garcinone A, Garcinone B, C, D dan garcinone E, maclurin, mangostenol. Sebuah penelitian di Singapura menunjukan bahwa sifat antioksidan pada buah manggis jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan antioksidan pada rambutan dan durian. Xanthone tidak ditemui pada buah-buahan lainnya kecuali pada buah manggis, karena itu manggis di dunia diberikan julukan “Queen of Fruit” atau si ratu buah. Dari berbagai penelitian kandungan xanthone dan derivatnya efektif melawan kanker payudara secara in-vitro, dan obat penyakit jantung. Kasiat garcinone E (devirat xanthone) ini jauh lebih efektif untuk menghambat kanker bila dibandingkan dengan obat kanker seperti flaraucil, cisplatin, vincristin, metohotrexete, dan mitoxiantrone.
Sumber : Sistem Informasi Manajemen Pembangunan di Pedesaan, BAPPENAS

Apa Saja Kandungan Yang ada di dalam Buah Manggis??

Pada kulit manggis mengandung antioksidan 17.000-20.000 orac per 100 ounce. Bandingkan dengan sayur dan buah berkadar antioksidan tinggi seperti wortel dan jeruk yang masing-masing hanya 300 orac dan 2.400 orac. Orac – oxygen radical absorbance capasity – ialah kemampuan antioksidan menetralkan radikal bebas penyebab penyakit degenaratif seperti jantung, stroke, dan kanker.

Cara Membuat Xanthones

Kulit manggis disortasi, kulit busuk dan terserang hama/penyakit dibuang, kemudian dicuci bersih, selanjutnya diblanching pada suhu 85ºC selama 3 menit, dan dikering anginkan. Ekstraksi kulit buah manggis menggunakan pelarut air. Kulit buah dicuci, sebagian endocarpnya dibuang, pericarp diblanching sesegera mungkin pada suhu 90ºC selama 3 menit. Selanjutnya diblender, untuk 100 g ditambah air matang 200 ml, setelah itu disaring. Ekstrak yang sudah disaring didekantasi selama 7 jam kemudian diambil larutan bagian atas. Selanjutnya ditambahkan gula 5%, asam sitrat 0,05%, garam 0,1%. Selanjutnya dimasak pada suhu 70ºC selama 15 menit, kemudian dipasteurisasi selama 15 menit pada suhu 70ºC dengan pasturizer dan selanjutnya dibotolkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

farid. Diberdayakan oleh Blogger.